Rabu, 18 Mei 2011

Membuat Jam Berputar Terbalik

Visit Masihterjaga Blog

jam
Waktu.
Yah.. waktu bisa diukur dengan alat yang bernama "JAM". Hampir setiap hari kita melihat jam sebagai petunjuk waktu. Bangun tidur, nonton TV, belajar, bahkan sms-an pun kita tidak luput dengan apa yang dinamakan jam.
Nah, waktu yang pernah kita lalui tidak mungkin akan terulang lagi kecuali ada mesin waktu. Kita dapat pergi ke masa depan dan berkunjung lagi ke masa lampau. Pernah baca tentang John Titor sang penjelajah waktu?
Pastinya sangat menarik jika waktu dapat kita putar.
Kali ini saya akan berbagi trik untuk memutar arah jarum jam.
Pastinya unik dan lucu.
Mau tau??

Berikut adalah langkah-langkahnya.
    1. Sediakan jam dinding atau jam apa saja(yang penting bukan jam tangan). Buka semua bautnya pakai obeng. Lepas baterai casing, jarum, dan mesinnya.
    2. Buka mesinya(biasanya di congkel) dengan hati-hati. Jangan sampai bagian-bagian gearnya lepas karna susah benerinnya lagi.
    3. Perhatikan bagian lilitan kabel tembaganya. Kalau kita lihat ada plat besi berbentuk huruf "U" yang melekat pada lilitan kabel tembaga, dan di ujungnya ada magnet kecil. Silahkan lepas magnetnya dulu, lalu pindah lilitan tembaganya(Jika semula di kiri plat besi, pindah kesebelah kanan dan sebaliknya), lalu pasang kembali magnetnya. Jadi intinya adalah membalik arah polaritas medan magnet.
    4. Tutup mesin dan pasang kembali semua bagiannya(mesin, jarum, casing) lalu masukkan baterainya.


Jrenggg....
    jam
Jam dinding anda sekarang berputar dari angka 12 ke 11, terus ke angka 10 dan seterusnya sampai jamnya pusing. hehe..
Mudah sekali bukan..
Agar lebih keren, anda bisa mengganti Wallpapernya dengan kreasi anda sendiri.
Biar mantep lagi jangan memasang angka 12-1, pasang saja angka 11, 8, 5, dan 2 atau 10,7,4, dan 1, tujuannya biar yang lihat tambah bingung.
Masang angkanya juga disesuaikan dengan arah jarum jam ya, jadi tetap berputar dari angka 1 ke angka 2 tetapi tidak searah jarum jam.

Sekedar informasi saja, Jam dinding berputar terbalik milik punya saya masih jalan sejak jaman SMP sampai sekarang(kira2 udah 7 tahun). Dulu saya pajang di kamar, sekarang saya pindahkan ke ruang tengah. Dan apa yang akan dikatakan orang yang baru lihat??
Anda akan mengetahuinya jika sudah punya sendiri.

NB: Saya tidak bertanggung jawab bila terjadi kegagalan. Jika anda takut merusak jam keluarga anda, saya sarankan untuk membeli mesinnya saja di toko jam. Jadi apabila gagal mesin yang asli masih bisa dipakai.

Selamat mencoba n' Good Luck !!

Visit Masihterjaga Blog
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use or
  • To write a italic letter please use or
  • To write a underline letter please use
  • To write a strikethrought letter please use
  • To write HTML code, please use or
    or

    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Berlangganan Artikel Gratis